My photo
We share about anything from beauty tips to recipes, from financial matters to travel spots, and many more. Give us your feedback at momsportal.id@gmail.com

07 January 2012

[Tips] Cara Merias Wajah Bagi Pemula

Oleh: Noni

Tidak semua wanita pandai merias wajah alias memakai make up. Masih banyak yang bingung harus memulai darimana. Padahal, umumnya wanita merasa lebih pede bila bisa berdandan.

Sebenarnya memakai make up itu mudah kok, kalau tahu caranya. Berikut beberapa tahapannya:

1. Bersihkan wajah 
Anggap wajah kita seperti kanvas. Pada kanvas yang bersih akan lebih mudah untuk "melukisnya".

2. Gunakan pelembab atau mosturizer
Pilih yang sesuai dengan jenis kulit kita. Alternatifnya dapat menggunakan bb a dapat menggunakan bb (bb = blemish balm atau blemish base) cream yang multifungsi (sebagai tabir surya, anti jerawat, antikerut, pelembab dan juga foundation).

3. Koreksi kantung mata/flek di wajah menggunakan concelear yang sewarna dengan kulit atau satu tone lebih muda.

4. Bedak
Gunakan bedak yang warnanya satu tone lebih gelap dari warna kulit wajah. Ini untuk menimbulkan kesan soft dan natural.

Bagi yang memiliki kulit berminyak, awali dengan memakai bedak tabur karena dapat menyerap minyak. Lalu lanjutkan dengan pengaplikasian bedak compact (bisa pilih yang two way cake) secara merata. Bila tidak berhijab, bedak dipakai hingga leher agar tidak seperti sedang menggunakan topeng.

5. Blush on
Blush on atau perona pipi mempunyai banyak manfaat yang dua diantaranya adalah untuk membuat wajah terlihat lebih segar dan mengoreksi bentuk wajah.

Pilih warna blush on yang cerah dan tidak terlalu mencolok, seperti soft pink, orange peach, atau bahkan coklat kalau anda ingin tampil natural. Jangan lupa padukan dengan warna kulit dengan cara membaurkan blush on dari dekat telinga sampai sepanjang tulang pipi dengan gerakan memutar untuk hasil yang sempurna.

6. Bibir
Gunakan lipstick dengan warna natural seperti nude, peach, atau soft pink. Bisa juga dikombinasikan dengan lipgloss. Hindari warna-warna yang berani/terang seperti merah cabe, ungu, pink, dan sejenisnya jika warna kulitmu cenderung gelap.


7. Merias Mata
Untuk make up sehari-hari yang soft dan sederhana, pemakaian eye shadow tidak diperlukan. Bila tetap ingin memakainya, pilihlah warna-warna natural dan alami seperti, soft pink, nude, peach atau coklat.

Aplikasikan eye shadow merata hanya di kelopak mata. Gunakan eyeliner pencil (warna apa saja, seperti: hitam, hijau tua, biru tua, atau coklat tua) untuk kesan lebih matte. Gunakan pada kelopak mata atas saja, jika ingin mendapatkan hasil lebih feminin. Sebaliknya, untuk memberi kesan lebih tegas/garang gunakan pada kelopak atas dan kelopak mata bawah. Jangan lupa memakai maskara. Sebelumnya, jepit terlebih dulu bulu mata menggunakan eyelash curler.

Cara-cara di atas adalah untuk riasan sehari-hari yang ringan dan bisa digunakan untuk ke arisan, kantor, atau jalan-jalan ke mal atau hangout bersama teman.

Tips:

a. Jika wajah berkeringat atau kelebihan minyak, jangan diusap dengan tisu. Cukup tekan tisu perlahan pada wajah agar make up tidak luntur.

b. Untuk menghindari jerawat, sebaiknya jangan memegang wajah dengan tangan kotor. Cucilah tangan sebelum mulai berias. Setelah pulang dari bepergian sebaiknya langsung membersihkan muka. Bersihkan wajah minimal 2x sehari. Ini dapat dilakukan dengan mencucinya memakai sabun pembersih atau menggunakan susu pembersih dan penyegar wajah (face toner).



*dirangkum dari berbagai sumber
*ilustrasi diambil dari http://bit.ly/ztxhX8

No comments: