My photo
We share about anything from beauty tips to recipes, from financial matters to travel spots, and many more. Give us your feedback at momsportal.id@gmail.com

20 October 2011

[Share] Manfaat Musik Bagi Anak

oleh: Windy

Musik berefek positif bagi perkembangan anak, terutama pada aspek kognitif dan kecerdasan emosi. Selain itu juga dapat menstimulasi otak kanan dan kiri agar dapat bekerja secara seimbang. Sedangkan dengan bergerak, dapat mengasah keterampilan motorik anak. Jadi bergerak sambil diiringi musik dapat memberikan stimulasi yang baik untuk perkembangan anak secara keseluruhan.



Musical wonderland merupakan salah satu program yang ada di Yamaha Music Course. Program ini khusus untuk anak usia 3-4 tahun dan dilakukan secara berkelompok. Satu kelas maksimal 10 anak. Disini anak diperkenalkan dengan suara-suara alat musik, ritme, tempo, melodi dan harmoni. Ada 4 hal yang menjadi perhatian, yaitu: mendengarkan, bernyanyi, merasakan irama dan bermain-main dengan keyboard.


Anak mendengarkan musik/lagu dan ikut bernyanyi. Merasakan irama dengan cara bergerak menari sesuai dengan ritme dan tempo musik. Kemudian anak bermain-main dengan keyboard untuk mendengarkan irama yang dihasilkannya. Setelah selesai program ini, anak diharapkan dapat mengenal tempo dan irama yang dibutuhkan pada saat bermain alat musik.


Kenapa tidak langsung diajarkan alat musik, misalnya keyboard/piano? Karena anak-anak seusia ini masih belum sempurna motorik halusnya, sehingga belum dapat menguasai alat musik dengan baik. Bayangkan apabila mereka harus bermain piano dengan jari-jari kecilnya yang tidak bisa mencapai semua tuts. Bahkan kakinya pun belum bisa mencapai pedal.Jadi jangan berharap setelah program ini selesai anak dapat bermain keyboard/piano dengan baik. Mereka bahkan tidak diperkenalkan dengan do re mi, karena tujuannya hanya untuk memperkenalkan musik dan menstimulasi pendengaran anak terhadap tempo dan irama.


Untuk yang anaknya berusia 3-4 tahun dan berminat dengan musik, program ini bisa menjadi salah satu pertimbangan. Tapi apabila ingin langsung kursus salah satu alat musik, sebaiknya tunggu sampai anak berusia 6 tahun.Selama mengikuti kelas Musical Wonderland, Aidan sering menjadi "pengacau". Gerakannya suka lain sendiri, dan sering terlambat bertepuk tangan, hehehe. Tapi kursus ini cukup lumayan untuk melatihnya fokus dan konsentrasi mendengarkan aba-aba dari guru.




Pada dasarnya, Aidan termasuk anak yang susah diam. Jadi saat diharuskan bergerak mengikuti irama, tentu saja dia riang gembira. Jangan berharap anak seusia Aidan (3 tahun 2 bulan) dapat mengikuti instruksi dengan benar dan tepat. Untuk itulah setiap anak harus didampingi orangtua/pengasuh selama di kelas. Ada saatnya Aidan mogok tidak mau bernyanyi ataupun bergerak. Kalau sudah begitu, tidak akan dipaksa. Tapi begitu di rumah dia akan bersenandung dan menari tanpa diminta :D


Mengikuti kursus musik, hanya salah satu dari banyak cara yang bisa kita terapkan ke anak untuk memperoleh manfaat dari musik.  Cara lain diantaranya adalah dengan mendengarkan musik sejak janin masih dalam kandungan, menyanyikan lagu saat meninabobokan anak, atau mengajaknya menari saat mendengarkan musik di rumah. Apapun cara yang dipilih, pastikan anak melakukan dengan bebas tanpa paksaan;)




Sumber:
http://bit.ly/iQ87wX
http://bit.ly/1YBjOn

No comments: